Satu Minggu Kemudian..

Ma, apa kabar?

Di sini, tepat satu minggu mama pergi. Di sana, mungkin baru sepersekian detik ya ma. Soalnya mama pernah bilang "satu hari di alam kubur tuh kayak 1000thn di dunia kak"
Gimana mama selama di sana? Mama baik-baik aja kan?

Ma, baru satu minggu rasanya berat banget.
Ayah masih merasa kesepian ngga ada teman ngobrol pulang sholat subuh di mushola, dan belum terbiasa untuk ngobrol sama aku.
Uda masih merasa belum kasih apa yang mama mau, beruntung ada ka ica yang setia untuk menguatkan.
Dan aku masih merasa, mama bakalan pulang lagi ke dunia. Aku juga beruntung punya Fathin untuk menguatkan. Tapi sisi lain dari aku, masih belum sepenuhnya menerima kalau mama benar-benar sudah ngga ada...

Ma, terdengar aku belum ikhlas ya?
3 minggu sebelum mama sakit, jam jam segini biasanya mama udah whatsapp bahkan dari jam 11 siang yang isinya "Ka, bs plg skrg ga? Mama bete nih g smgt..."
Dan berulang kali juga ku balas "Yeuuu mana bisa baru jam segini"

Ma, ternyata doaku sepertinya salah ya.
Dulu aku berdoa, aku mau sibuk. Aku mau produktif, supaya aku ngga dilihat males sama mama.
Supaya mama liatnya aku sukses, liatnya aku mandiri.
Justru, sibuknya aku malah ngga bisa nemenin mama bahkan waktu awal-awal mama sakit.
Sibuknya aku, justru kehilangan waktu terbaik berdua mama.

Ma, aku masih ingat.
Sejak pertama kali aku ikut mama ke RS, sampai sebelum mama koma mama cuma bilang "sabar ya kak, semangat ya semangat"
Sekarang, bahkan aku masih mencari bagaimana caranya aku untuk semangat menjalani apapun jika alasanku untuk itu sudah tiada?

Ma, aku minta maaf.
Aku sama sekali tidak terfikir, bahwa apapun yang mama bicarakan seperti keinginan terakhir mama.
Maaf, aku selalu menyepelekan apa yang selama ini mama harapkan.
Sungguh ma, aku sangat amat menyesal.


"Ayo ka cepet nikah, mumpung mama masih sehat"
"Ka, kalau gajian lagi beliin sepatu ya sekalian kita lihat-lihat ke mall"
"Mama pengen deh jalan-jalan jauh gitu, ke yogya aja yuk"
"Jangan belanja trs ka, hemat ya nak"
"Udh ya jgn berdoa yang aneh2 lagi, udh sakit udh operasi udh dijenguk tmn2"
"Ngga ada anak ngerepotin orgtua ka, itu sdh tanggung jwb mama"
........
........
Dan masih banyak, yang sudah tidak bisa lagi di dengar, yang tidak bisa lagi dilihat.....


Ma,
kapan pulang?

Komentar