"Penting" Diakhir, Bukan Diawal.

"Biasain menggunakan kata 'penting' diakhir kalimat, bukan awal."

Nasihat yang selalu terucap ibuku ketika aku mulai malas menyelesaikan beberapa tugasku yang lama kelamaan bertumpuk.
Memang, habbit ku yang satu ini sedikit aneh. Sejujurnya, aku tipikal orang yang senang menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline tiba agar aku bisa lebih banyak memiliki waktu luang. Tetapi, ada pengecualian ketika tugas terlalu menumpuk sampai aku kesulitan mana yang harus kukerjakan terlebih dahulu. Jika bertemu dengan situasi tersebut, aku lebih memilih untuk rehat atau menyelesaikan asal dengan mindset "yang penting selesai" dan saat itulah petuah ibu pasti berkumandang.

Setiap aku mendengar kalimat tersebut, harus ku akui aku sebal mendengarnya. Seperti "ya kan aku yang kerjain, ibu enak tinggal bilang" tapi itu tak berlangsung lama. Setelahnya aku berfikir kembali "betul juga kata ibu, memang menyelesaikan tugas itu penting bukan yang penting selesai".

Kalimat di atas memang sepele. Tetapi jika kita ketahui makna sesungguhnya, hanya berubah letak satu kata pun sangat besar dampaknya. Contohnya kalimat ku di atas, jika kita menganggap tugas adalah suatu hal yang penting maka kita ingin menyelesaikannya dengan segera namun tetap hati-hati dan ingin menghasilkan yang terbaik. Namun jika kita menyepelekan dengan tugas itu dengan kata "yang penting selesai" kita menyelesaikan tugas tersebut dengan cepat, tanpa memperhatikan hasil bahkan cenderung terburu-buru. Jika demikian, pasti kalian tahu kan mana yang memiliki hasil memuaskan?

So, yuk mulai sekarang jadikan semua hal yang kita kerjakan menjadi penting. Selesai itu penting, bukan yang penting selesai ;;)

Komentar